Sudah cukup lama saya tidak mengaktifkan paket BlackBerry di ponsel saya, nah ceritanya hari Minggu malam kemarin tanggal 12 Mei 2013 saya kembali mengaktifkan paket BlackBerry nya, setelah saya selesai melakukan pendaftaran paket dan melihat ada logo BlackBerry muncul di samping tulisan 3G, saya pun lalu mencoba login ke akun YM saya, tapi selalu gagal, beberapa kali saya coba tapi tetap tidak bisa, begitu pun ketika saya cek contact saya di BBM, saya tidak melihat ada perubahan baik itu foto-foto nya atau status-status nya, aneh.. beberapa kali saya melakukan hard reset (matikan ponsel lalu cabut baterai) tapi tetap saja saya tidak bisa login ke akun YM saya dan tampilan contact di BBM nya masih saja sama. Dan salah satu keanehan lainnya adalah biasanya kalau selesai melakukan hard reset itu saya suka menerima pesan dari BlackBerry yang isinya Your handheld has been registered with the wireless network, nah malam kemarin itu pesan tersebut tidak saya terima walaupun sudah saya coba hard reset berkali-kali.

Tadi subuh saya mencoba memperbaiki masalah tersebut, setelah browsing-browsing saya pun mencoba beberapa solusi yaitu dengan cara mematikan sinyal Mobile Network lalu masuk ke menu Service Book kemudian saya tekan tombol Alt + SBEB di keypad saya lalu saya hapus satu persatu isi Service Book nya kecuali yang berakhiran [PROVOSIONING], lalu saya aktifkan lagi sinyal Mobile Network nya kemudian setelah muncul lagi logo BlackBerry nya disamping tulisan 3G saya coba login ke akun YM saya dan berhasil! tapi tampilan contact pada BBM tetap saja sama, saya pun sudah coba kirim pesan tapi selalu muncul tanda silang (X) berwarna merah, saya pun sudah coba lakukan hard reset tapi tetap saja sama.

Solusi lainnya yang saya coba adalah dengan cara menjalankan Diagnostic Test yang ada di menu Networks and Connections > Mobile Network, hasil tes nya saya lihat semuanya Yes kecuali pada bagian BlackBerry PIN-PIN, sempat muncul juga kekhawatiran saya apakah PIN saya dikloning ? O ya sesaat setelah melakukan Diagnostic Test tersebut pesan Your handheld has been registered with the wireless network nya akhirnya saya terima juga, tapi tetap saja setiap kali saya coba kirim pesan ke contact BBM saya, notifikasi yang saya terima adalah tanda silang (X) berwarna merah. Aneh.. YM bisa, email pun bisa, tapi kok BBM tidak bisa ya ?

Dan akhirnya saya pun menemukan jawabannya setelah mencoba mencari tahu berita terbaru mengenai BBM (BlackBerry Messenger) di search engine, menurut artikel yang saya baca disini, layanan BBM mengalami gangguan pada Minggu malam tanggal 12 Mei 2013, aha! Setelah membaca berita tersebut akhirnya saya pun berhenti mengutak-atik ponsel BlackBerry saya dan akan menunggu saja hingga layanan BBM nya kembali pulih.

O ya saya pun sempat searching di Twitter, dan sepertinya BBM yang bermasalah ini tidak hanya dialami oleh para pengguna Indosat saja seperti saya, tapi juga dialami oleh para pengguna Telkomsel, XL, AXIS dan Three, dan mungkin juga dialami oleh para pengguna operator-operator lainnya.

Pelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman ini adalah, lain kali jika hal yang kurang lebih sama terjadi lagi, hal pertama yang akan saya cek adalah mencari tahu berita terbaru baik itu melalui search engine, media masa atau forum-forum internet, apakah memang layanannya error dari sananya atau tidak, jika tidak barulah saya mencoba mencari solusinya dan mengutak-atik ponsel saya. Dan untuk para operator telekomunikasi khususnya Indosat, alangkah lebih baik kalau setiap ada gangguan itu pelanggan diberitahu melalui SMS, supaya kita sebagai pelanggan merasa jelas dan tidak bertanya-tanya.

Update: Senin, 13 Mei 2013, 12:15 WIB

Tadi saya tes mengirimkan sebuah pesan dan alhamdulillah sekarang pesan BBM nya bisa terkirim. Sebagai tambahan informasi, kartu yang saya gunakan adalah kartu Indosat Matrix dan paket BIS yang saya gunakan adalah paket Mail & Chatting bulanan.